Latihan Senam Aerobic

pengertian senam aerobic

Pengrtian Aerobic
Aerobic berasal dari kata aero yang berarti oksigen. Jadi aerobic sangatlah erat dengan penggunaan oksigen. Dalam hal ini berarti latihan aerobic adalah latihan yang menggunakan sistem kerja dengan menggunakan oksigen sebagai kerja utama.

Menurut Marta Dinata (2007) senam aerobic adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih sehingga melahirkan ketentuan ritmis, kuntinuitas dan durasi tertentu.

Jadi dapat disimpulkan bahwa senam aerobic adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang telah dipilih dengan durasi tertentu. Dalam senam aerobic berisi suatu sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh. Pemasukan oksigen ini ditentukan oleh kapasitas maksimal paru-paru saat menghirup udara. Latihan aerobic yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan memperbaiki kerja jantung dan paru-paru.

Manfaat senam aerobic
Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan melakukan latihan aerobic. Setidaknya ada 9 manfaat dari senam aerobic bagi kebugaran jasmani, yaitu:

1. Menguatkan Jantung
Jantung yang kuat akan mencegah datangnya penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan serangan jantung. Detak jantung yang meningkat ketika latihan aerobic sering dikaitkan dengan lebih cepatnya pembakaran lemak.

2. Menguatkan Otot dan Tulang
Meningkatnya kekuatan otot akan meningkatkan kekuatan tulang pula.

3. Mengendalikan Kadar Gula Darah
Jumlah kolesterol baik yang meningkat dalam tubuh akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol kadar gula darah.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kekebaln tubuh yang meningkat akan membuat tubuh sulit diserang penyakit.

5. Meningkatkan Energi
Dengan melakukan aerobic selama 20 menit, maka energi akan meningkat sebesar 20%. Demikian yang diungkapkan peneliti dari University of Georgia. Hal tersebut dapat terjadi karena ketika melakukan aerobic, suplai oksigen tubuh dan energi ikut meningkat.

6. Melawan depresi
Dengan sering melakukan senam aerobic, akan terhindar dari depresi karena olahraga mampu meningkatkan mood seseorang dan bisa bisa mestimulasi perasaan senang atau euphoria dalam tubuh.

7. Meningkatkan kinerja paru-paru
Seperti olahraga pada umumnya, dengan secara rutin melakukan senam Aerobic akan meningkatkan kinerja paru-paru sehingga tubuh akan lebih sehat.

8. Mengurangi penurunan kekuatan berfikir
Senam aerobic bisa mengurangi penurunan kekuatan berfikir seperti penurunan dalam proses mental seperti memori kerja dan perencanaan.

9. Membentuk tubuh dan mengurangi berat badan
Senam aerobic juga akan membantu membentuk tubuh lebih sempurna dan juga bisa mengurangi berat badan.

Bentuk-bentuk Latihan Senam Aerobic

Menurut (Amrun Bustaman,1992: 5). Senam aerobic adalah suatu rangkaian dan latihan-latihan aerobic seperti jogging, running, walking, dan jumping yang disusun sedemikian rupa dengan gerakan dan memperhatikan gerakan-gerakan lengan, pinggang, tungkai yang dapat dilakukan sendiri atau berkelompok Seperti halnya olahraga yang lain. Senam aerobic memiliki macam-macam dalam latihan yang meliputi:

1. Low Impact
2. Mix Impact
3. High Impact

1.        Senam Low Impact
Sebenarnya Low Impact hampir sama dengan Senam Aerobic dalam variasi gerakannya. Hanya saja, dilakukan dengan irama low (rendah) yaitu lebih lambat. Dengan gerakan-gerakan dasar jalan, tidak ada loncatan sama sekali. Manfaat senam ini sama dengan Aerobic, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan stamina tubuh. Karena sifatnya low, maka senam ini boleh dilakukan siapa saja yang masih mampu untuk melakukannya. orangtua maupun muda boleh melakukannya, karena variasi-variasi gerakannya sederhana dan mudah diikuti.

2.        Senam Mix Impact
Senam ini adalah gabungan dari senam low impact dan high impact. Senam aerobic yang berupa latihan-latihan mix impact aerobic yakni separo waktu untuk low impact aerobic (benturan ringan: salah satu kaki selalu masih berada di lantai) dan separo waktunya untuk high impact aerobic (benturan keras: kedua kaki terlepas dari lantai) dimaksudkan agar peserta tidak cepat bosan. Jika kita melakukan 'baik high maupun low impact aerobic, maka kita menggunakan berbagai macam otot dalam badan kita. Diantaranya otot-otot kaki yang kita gunakan untuk melompat dan juga mengangkat badan serta otot-otot lengan yang menyebabkan jantung memompa lebih keras. Kombinasi low impact dan high impact dapat membantu memperbaiki daya tahan dan kondisi jantung serta peredaran darah kita.

3.        Senam High Impact
Senam ini sangat berat dilakukan,karena intensitasnya yang tinggi dan gerakannya yang sulit serta banyak disertai lompatan- lompatan.Sehingga system kardiovaskuler bekerja lebih ekstra dan banyak menguras energi sehingga jika melakukannya cepat lelah.
Aerobic Gymnastics adalah kemampuan untuk menampilkan gerakan secara komplek dan dengan intensitas tinggi yang pergerakannya diiringi dengan irama musik, yang terdiri dari aktifitas aerobic tradisional. Pergerakan yang dilakukan harus menunjukkan gerak yang terus menerus, meliputi fleksibilitas, kekuatan dan pergerakan kaki terdiri dari tujuh basic step, tingkat kesulitan yang tinggi tanpa terkena eksekusi atau pemotongan nilai (FIG, 2005-2008).
Senam aerobic banyak di lakukan di rumah-rumah fitness. Bahkan kini senam aerobic banyak dijadikan program kesehatan bagi ibu-ibu rumah tangga di pedesaan dengan mengadakan latihan senam aerobic seminggu dua kali di balai desa. Tidak hanya untuk kebugaran paru-paru dan jantung saja, namun senam aerobic juga banyak digunakan untuk program penurunan berat badan. Hal ini terbukti dengan banyaknya peserta senam aerobic yang mengikuti program senam aerobic dengan alasan untuk menurunkan kelebihan berat badan.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel